Add caption |
BISNIS RUMAHAN ~WARUNG ALYA~
Bisnis rumahan warung Semabko atau sembilan
bahan pokok merupakan barang-barang yang menjadi kebutuhan pokok bagi
masyarakat indonesia. Kebutuhan ini kemudian memunculkan satu jenis bisnis yang
sangat menggiurkan yaitu warung atau toko sembako. Mengapa warung sembako
sangat menggiurkan? seperti yang kita tahu bahwa sembako sudah pasti dibutuhkan
oleh masyarakat dan salah satu kunci sukses dalam dunia bisnis adalah dengan
menjual barang atau produk yang dibutuhkan oleh masyarakat luas tanpa memandang
golongan. Sembako tidak hanya dibutuhkan oleh golongan atas, tapi juga golongan
bawah, bukan hanya di pusat perkotaan namun juga di daerah marjinal.
PROFIL USAHA
Yang beralamat di desa lebeng RT2/2.Tokoh pemiliknya
bernama IBU Yusri Tobriyanti Toko ini berdiri pada tahun 2012 yang pada awalnya
ibu tersebut berjualan di rumah kecil-kecilan,tetapi penghasilan kurang,karena
tempatnya berada di desa yang jauh dari jalan besar kemudian ibu membangun
warung di pinggir jalan agar bisa mendapatkan penghasilan maksimal.Modal pada
awalnya sekitar 20 juta termasuk barang2 dan pembangunan.penghasilan tiap hari
sekitar 200 rbu .barang barang yang di jual yaitu makanan ringan ,mainan
anak-anak,peralatan alat tulis ,peralatan mandi ,alat kebersihan,berbagai jenis
kertas,macam macam minuman ,lampu lampu,kopi dll.
KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN
Menurut bu yusri Warung di katakan untung jika warung
tersebut banyak barang yang di beli terutama sembako dan jajanan anak-anak
,jajanan warung laku banyak jika ada kegiatan-kegiatan tertentu
seperti,pengajian,les,hiburan dll.
Menurut bu yusri jika warung mengalami kerugian sudah
biasa karena di lihat dari perekonomian lingkungan di sekitar .bu yusri
biasanya mengalami kerugian jika banyak pembeli yang mengambil dulu dan belum
di bayar atau dengan istilah lain mengutang.
STRATEGI USAHA
Ia menetapan strateginya dengan ada uang ada barang
.tetapi dia hanya menggunakan strategi tersebut jika latar belakang belakang
perekonomian pembeli tinggi .ia tidak menggunakan strategi tersebut jika latar
belakang perekonomian pembeli rendah .selain strategi tersebut ibu juga
menetapkan strateginya dengan cara menjual barang yang masih bagus dan layak di
kosumsi .
|
Bisnis sembako memiliki kelebihan karena segmentasi
pasarnya yang hampir menyeluruh. Bisnis ini membidik bukan hanya kalangan atas
namun juga kalangan bawah, hampir semua manusia terkhusus yang hidup di
Indonesia sangat membutuhkan apa yang dijual di warung sembako sehingga terlepas
dari ketatnya persaingan. Usaha bisnis warung sembako bisa jadi adalah peluang usaha yang sangat menggiurkan dengan keuntungan yang sangat lumayan.
Selain itu, keuntungan yang didapat terbilang lumayan
besar. Seperti penuturan Gunawan P, seorang penjual sembako mengatakan bahwa
dengan modal 10 juta ia dapat menghasilkan keuntungan rata - rata Rp. 5,5 juta
perbulan. Hal ini bisa terwujud jika kita memiliki strategi penjualan yang
bagus karena bisa dikatakan bahwa bisnis rumahan warung sembako adalah bisnis
yang cukup ketat persaingannya. Namun ini juga tergantung dari lokasi usaha
KESUKSESAN
1. Pemilihan lokasi usaha
Pemilihan lokasi usaha menjadi syarat penting dalam
kesuksesan berbisnis warung sembako. Usahakan mencari tempat yang strategis
yang dapat dijangkau oleh banyak orang. Terutama membukanya di pinggir jalan,
di perempatan atau di pusat kegiatan masyarakat. Selain itu usahakan untuk
membuka bisnis ini ditempat yang masih minim persaingan.
2. Utamakan Kualitas Produk dan
Pelayanan
Kepuasan pelanggan adalah harga mati bagi suksesnya
warung sembako,pelayan haruslah memberikan pelayanan yang prima. Siapkan barang
barang berkualitas agar pelanggan puas serta cobalah untuk lebih ramah dan
lebih menebar senyum kepada pelanggan.
3. Mencari Grosiran Termurah
Dalam hal ini, anda dituntut untuk dapat memilih
tempat grosir yang menjadi kulakan anda dengan harga termurah.Semakin murah
barang yang anda beli maka margin keuntungan semakin besar sehingga hasil yang
didapat semakin besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar